RPP IPA SD kelas III Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    :  SDN  Nglames 01
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester          :  III(Tiga)/I (Satu)
Alokasi Waktu          : 2 x 35 Menit



A.  Standar Kompetensi
1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta  hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

B.  Kompetensi Dasar
1.2  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

C.  Indikator
1.      Dapat menggolongkan hewan berdasarkan habitat dan makanannya.
2.      Dapat mencari perbedaan dan persamaan hewan berdasarkan ciri-cirinya.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi kelompok siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan habitat dan makanannya.
2.      Melalui diskusi kelompok siswa dapat mencari perbedaan dan persamaan hewan berdasarkan ciri-cirinya.

E.  Materi Pokok
Jenis hewan berdasarkan habitat dan makanannya.

F.   Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran: TGT (Team Game Tournament)
2.      Metode Pembelajaran: Tanya jawab, Diskusi, Pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
Mengkondisikan Kelas
1.      Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran.
2.      Apersepsi
“Pembelajaran diawali dengan penggalian pengetahuan siswa tentang jenis hewan melalui kegiatan tanya jawab tentang gambar hewan yang ditampilkan guru”.



Klasikal

Klasikal



3 menit

7 menit

2.
Kegiatan Inti (45 menit)
v  Eksplorasi
a.      Guru menjelaskan materi secara singkat.
c.      Guru membentuk kelompok dengan anggota setiap kelompok  4-5 orang.

v  Elaborasi
a.    Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok.
b.   Melalui diskusi mengerjakan lembar kerja.
c.    Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dengan bimbingan guru kelompok yang lain memberikan tanggapan.

v  Konfirmasi
a.      Untuk mengetahui pemahaman siswa guru mengadakan, kelompok yang dapat menjawab mengacungkan jari.
b.      Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang nilainya tertinggi.
c.      Guru meluruskan pemahaman siswa mengenai penggolongan makhluk hidup.


Klasikal
Klasikal



Klasikal

Kelompok

Kelompok




Kelompok


Kelompok


Kelompok


 10 menit
2 menit



1 menit

10 menit

5 menit




10 menit


2 menit


5 menit
3.
Kegiatan Akhir (15 menit)
a.       Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah diberikan.
b.      Guru memberikan soal evaluasi berupa lembar tugas individu.
c.       Dengan bimbingan guru diadakan pembahasan soal evaluasi.
d.      Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap pembelajaran hari ini.
e.       Penutup. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.


Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal


Klasikal

5 menit

5 menit

3 menit

1 menit


1 menit


H.  Media dan Sumber Belajar
1.      Media: LKS (Lembar Kegiatan Siswa) terlampir
2.      Sumber Belajar: Buku paket IPA  kelas III semester 1

I.     Penilaian
1.      Prosedur penilaian        :  Proses dan hasil
2.      Jenis penilaian              :  Tes dan non tes
3.      Teknik penilaian           :  Tulis dan lisan
4.      Instrumen Penilaian      :   Lembar pengamatan dan soal evaluasi


Mengetahui,                                                               Nglames,.............2012
Guru pamong                                                                  Guru praktikan



Heri Pujiastuti, SPd                                                        Inggriani Andewi P
NIP: 196211171982012011                                             NPM:09141108
 



 Lampiran 1: Ringkasan Materi
Penggolongan hewan secara sederhana dapat dibedakan berdasarkan:
  1. Jenis habitatnya atau tempat tinggalnya, yakni dibagi menjadi 3:
a.       Hewan yang hidup di darat, contohnya:  sapi, kerbau, ayam, bebek dstnya.
b.      Hewan yang hidup di air, contohnya: ikan, lumba-lumba, anjing laut, singa laut dstnya.
c.       Hewan yang hidup di darat dan di air, contohnya: katak, buaya, dstnya.
Ayo coba cari contoh yang lainnya!!
  1. Jenis makanannya di bagi menjadi 3 yakni:
a.       Karnivora (pemakan daging), contohnya: harimau, singa, anjing dstnya.
b.      Herbivora (pemakan tumbuhan), contohnya: kambing, sapi, kerbau dstnya.
c.       Omnivora (pemakan segala), contohnya: ayam, bebek, angsa dstnya.
Ayo coba cari contoh yang lainya!!


Lampiran 2: Lembar Pengamatan Diskusi Kelompok

No

Nama siswa
ASPEK YANG DINILAI

Ket
Kerjasama
Keaktifan
Kekompakkan
Ketepatan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.














2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














9.














10.














11.














12.














13.














14.














15.














16.














17.














18.














19.
















Rubrik Penilaian
Indikator
diskriptor
skor
1.      Kerjasama
-          Jika siswa membantu teman yang kesulitan.
-          Jika siswa cukup membantu teman yang kesulitan.
-          Jika siswa tiddak mau membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan soal.
3
2
1
2.      Keaktifan
-          Jika siswa mau menggunakan pikiran, mau bertanya dengan baik.
-          Jika siswa menggunakan pikiran dan tidak mau bertanya dengan kelompoknya.
-          Jika siswa tidak menggunakan pikirannya dan tidak mau bertanya dengan kelompoknya.
3
2
1
3.      Kekompakkan
-          Jika siswa sangat kompak dalam menyelesaikan tugas kelompok.
-          Jika siswa cukup kompak dalam menyelesaikan tugas kelompok.
-          Jika siswa kurang kompak dalam menyelesaikan tugas kelompoknya.
3
2
1
4.      Ketepatan
-          Jika siswa dapat mengumpulkan tugas lebih awal dari waktu yang ditentukan dan benar.
-          Jika siswa menggumpulkan tugas tepat waktu dan jawaban ada yang salah.
-          Jika siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu dan jawaban benar
3
2
1

  x 100


Lampiran 3: Penilaian Evaluasi
No.
Nama
No. soal
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.












2.












3.












4.












5.












6.












7.












8.












9.












10.












11.












12.












13.












14.












15.












16.












17.












18.












19.














Keterangan:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Jawaban siswa benar
1
2.
Jawaban siswa salah
0

  x 100


Lampiran 4: Lembar Kegiatan Siswa

Mata Pelajaran  : IPA
Kelas/Semester   : III(Tiga)/I (Satu)
Materi                : Penggolongan hewan
Kelompok           : ..................................
1.     .................................
2.     .................................
3.     .................................
4.     .................................
5.     .................................
1.  Berilah tanda  centang sesuai dengan makanannya!
No
Nama hewan
Jenis makanannya
Karnivora
Herbivora
Omnivora
1.
Ayam



2.
Buaya



3.
Bebek



4.
Kuda



5.
Anjing



6.
Kelinci



7.
Kambing



8.
Ular



9.
Gajah



10.
Angsa




2.  Berilah tanda centang sesuai dengan tempat tinggalnya!
No
Nama hewan
Jenis makanannya
Darat
Air
darat dan air
1.
Paus



2.
Katak



3.
Harimau



4.
Hiu



5.
Buaya





3.  Sebutkan perbedaan dan persamaan hewan berikut!
No.
Nama hewan
Persamaan
perbedaan
1.
Kambing dan ayam


2.
Kelinci dan bebek


3.
Lele dan hiu



4.
Singa dan kuda



5.
Kerbau dan kucing



~~Selamat mengerjakan~~







Lampiran 5: Kunci Jawaban Lembar Kegiatan Siswa

1.    Berilah tanda  centang sesuai dengan makanannya!
No
Nama hewan
Jenis makanannya
Karnivora
Herbivora
Omnivora
1.
Ayam


ü   
2.
Buaya
ü   


3.
Bebek


ü   
4.
Kuda

ü   

5.
Anjing
ü   


6.
Kelinci

ü   

7.
Kambing

ü   

8.
Ular
ü   


9.
Gajah

ü   

10.
Angsa


ü   

2.    Berilah tanda centang sesuai dengan tempat tinggalnya!
No
Nama hewan
Jenis makanannya
Darat
Air
darat dan air
1.
Paus

ü   

2.
Katak


ü   
3.
Harimau
ü   


4.
Hiu

ü   

5.
Buaya


ü   

3.    Sebutkan perbedaan dan persamaan hewan berikut!

No.
Nama hewan
Persamaan
perbedaan
1.
Kambing dan ayam
Kambing: di darat
Ayam: di darat
Kambing: herbivora
Ayam: omnivora
2.
Kelinci dan bebek
Kelinci: di darat
Bebek: di darat
Kelinci: herbivora
Bebek: omnivora
3.
Lele dan hiu

Lele: di air
Hiu: di air
Lele: omnivora
Hiu: karnivora
4.
Singa dan kuda

Singa: di darat
Kuda: di darat
Singa: karnivora
Kuda: herbivora
5.
Kerbau dan kucing
Kerbau: di darat
Kucing: di darat
Kerbau: herbivora
Kucing: karivora





Lampiran 6: Soal Evaluasi

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester         : III (Tiga)/I (Satu)
Materi                       : Penggolongan hewan
Nama                        : .................................

Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.  Di bawah ini yang merupakan kelompok hewan pemakan daging adalah...
a.   Angsa, laba-laba, kepiting                   c. Kelabang, sapi, ayam
b.  Buaya , bebek, ayam                 d. Kucing, buaya, singa

2.  Gambar di samping termasuk ke dalam kelompok hewan pemakan...
a.     Daging                                     
b.     Daging dan tumbuhan   
c.      Tumbuhan                     
d.     Serangga

3.  Salah satu contoh hewan yang hidup di air dan di darat adalah....
a.     Singa                               c. Ayam
b.     Buaya                             d. Burung

4.  Berikut ini yang termasuk kelompok hewan yang hidup di air, kecuali....
a.     Harimau, kuda, ayam               c. Ikan, cumi-cumi, bintang laut
b.     Hiu, lumba-lumba, paus           d. Singa laut, anjing laut, paus

5.  Gambar di samping adalah termasuk hewan....
a.     Omnivora                                
b.     Karnivora
c.      Herbivora   
d.     Fruktivora
6.  Yang bukan termasuk ke dalam kelompok omnivora adalah....
a.     Kambing, kerbau, sapi              c. Ayam, orang utan, bebek
b.     Angsa, bebek, burung               d. Ayam, itik, angsa

7.  Di bawah ini yang termasuk hewan herbivora adalah....
a.     Anjing                                       c. Serigala
b.     Kucing                                      d. Domba

8.  Kambing dan sapi mempunyai persamaan yaitu....
a.     Hidup di darat dan termassuk hewan omnivora
b.     Hidup di air dan termasuk hewan karnivora
c.      Hidup di darat dan termasuk hewan herbivora
d.     Hidup di darat dan termasuk hewan karnivora

9.  Ular, serigala, dan harimau  termasuk ke dalam kelompok hewan....
a.     Omnivora                       c. Herbivora
b.     Karnivora                        d. Insektivora

10.  Gajah termasuk contoh hewan pemakan....
a.     Daging                                     
b.     Daging dan tumbuhan
c.      Tumbuhan
d.     Serangga 





~~Selamat mengerjakan~~






Lampiran 7: Kunci Jawaban Soal Evaluasi

1.    D. Kucing, buaya, singa
2.    C. Tumbuhan
3.    B. Buaya
4.    A. Harimau, kuda, ayam
5.    B. Karnivora
6.    B. Kambing, kerbau, sapi
7.    D. Domba
8.    C. Hidup di darat dan termasuk hewan herbivora
9.  B. Karnivora
10.  C. Tumbuhan



Lampiran 8: Soal TGT
1.  Sebutkan 5 contoh hewan karnivora!
2.  Sebutkan 3 contoh hewan omnivora!
3.  Sebutkan 5 contoh hewan herbivora!
4.  Sebutkan 3 contoh hewan yang hidup di air dan di darat!
5.  Aku adalah seekor hewan. Aku bisa hidup di air dan aku juga bisa hidup di daratan. Jalanku melata. Jika aku diberi makan rumput aku tak suka. Makanan kesukaanku adalah daging ayam atau daging hewan lain. Siapakah aku? Disebut hewan apakah aku?
6.  Aku adalah seekor hewan yang bertahan hidup di air. Aku bernafas dengan insang. Aku mau diberi makanan apa saja. Makanan yang berasal dari tumbuhan ataupun dari hewan lain aku juga mau. Siapakah aku? Disebut hewan apakah aku?
7.  Aku adalah seekor hewan yang hidup di darat. Aku mempunyai 4 kaki. Jika aku diberi makan daging aku tak suka. Aku senang dengan rumput yang hijau. Itu adalah makanan favoritku. Jika aku ingin sesuatu aku sering berteriak embeeeekkk.... siapakah aku? Disebut hewan apakah aku?
8.  Aku adalah seekor binatang buas. Hidupku di hutan. Aku sering memangsa hewan lain. Tubuhku belang. Siapakah aku? Disebut hewan apakah aku?
9.  Sebutkan persamaan antara ayam dengan burung!
10.  Sebutkan perbedaan sapi dengan singa!


Lampiran 9: Kunci Jawaban Soal TGT
1.    Singa, harimau, buaya, ular, anjing
2.    Ayam, burung, bebek
3.    Kambing, kerbau, sapi, kelinci, kuda
4.    Buaya, katak, kura-kura
5.    Buaya, karnivora
6.    Ikan, omnnivora
7.    Kambing, herbivora
8.    Harimau, karnivora
9.    Hidup di darat dan tergolong hewan omnivora
10.    Sapi: herbivora sedangakan singa: karnivora





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Disusun oleh :
INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI
NPM. 09141108




UNIT PRAKTIK KEPENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar